Aku hanya seorang pengeja kata sendu. Yang sedikit abu-abu. Bukan seseorang yang sedang patah hati, lalu mengadu.

Sabtu, 17 Oktober 2020

7 Tips Menulis SINOPSIS FTV


Hallo, pembaca setia blog saya.

Ada nggak diantara kalian yang pengen jadi penulis sinopsis FTV? Atau, kalian baru memulai nulis sinopsis ftv, tapi bingung mau nulis cerita tentang apa atau bingung cerita yang seperti apa yang bakalan di acc. Tenang, saya punya solusinya nih. 7 Tips Menulis Sinopsis FTV :

1.      JUDUL YANG MENARIK

Percaya nggak sih, judul sinopsis FTV yang menarik akan dilirik lebih dulu oleh PH?

Sebenarnya, judul sinopsis FTV yang dikirim oleh penulis ide cerita dengan ftv yang sudah tayang itu sering diganti judulnya sama pihak PH dan SCTV. Tapi, ada judul-judul yang menarik yang tidak akan diganti. Karna apa? Karna sudah menarik.

Contoh :

  • FTV SCTV – MODEL CANTIK JURAGAN ITIK
  • FTV SCTV – FROM SOMAY JADI SOULMATE
  • FTV SCTV – CINTA NABRAK TUKANG KETOPRAK

Ketiga contoh judul FTV itu adalah judul ftv yang saya tulis sendiri dan tidak diganti judulnya sehingga waktu ftv-nya tayang, tetap menggunakan judul yang sama.

Pengalaman saya mengirim sinopsis FTV, judul sinopsis yang saya tulis seperti itu, yang menarik atau yang bunyinya selaras, akan dilirik lebih dulu atau akan dibaca lebih dulu oleh PH. Karna sinopsis yang masuk itu sangat banyak.

Sama seperti kamu membeli novel di toko buku, judul novel atau sampul novel yang menarik bagi kamu, itulah yang akan kamu beli atau setidaknya, kamu hanya akan membaca blurb di belakang novel.

Tapi, judul yang menarik tidak menjamin sinopsis kamu di acc, jikalau isi sinopsis kamu tidak menarik. Dan sebaliknya, walaupun judul sinopsis ftv kamu tidak menarik, tapi isi sinopsis kamu menarik, maka akan tetap di acc dengan judulnya akan diganti sebelum ftv-nya tayang di TV.

2.      KONFLIK DI PARAGRAF PERTAMA

Paragraf pertama itu sangat penting yang bisa menentukan sinopsis FTV yang kamu kirim itu di acc atau tidak. Langsung tulis konflik di paragraf pertama.

Contoh : FTV SCTV – FROM SOMAY JADI SOULMATE

Baru saja tiba di rumah BUDE ROS, LISA disambut dengan kehebohan. MONA, sepupu Lisa kabur dari rumah untuk menghindari perjodohannya dengan anak rekan bisnis Papinya. Padahal nanti malam, Bude Ros dan PAKDE SURYA akan mengenalkan Mona ke calon jodohnya itu.

Nah, di paragraf pertama ini langsung ada konfliknya, MONA, si karakter utama kabur dari rumah karna menolak dijodohkan. Menarik, bukan?

Jadi, pastikan paragraf pertama di sinopsis kamu, langsung ada konfliknya yang akan memicu konflik berikutnya di paragraf kedua.


3.      HINDARI ADEGAN TABRAKAN

Hindari adegan tabrakan saat pertama kali karakter utama bertemu. Bukan berarti kamu nggak boleh bikin adegan tabrakan ya. Tapi sebisa mungkin, hindari adegan itu.

Memang sih, kebanyakan ftv karakter utama bertemu karna nggak sengaja tabrakan. Itu udah umum sih, mungkin bisa kamu ganti dengan adegan lain yang menarik.

Contoh : FTV SCTV – DIGOYANG CINTA CEWEK MANIS BERHATI SADIS

JUNA diam-diam menyelinap keluar, lalu kabur karna ogah dijodohin. BU ALIN, Mami Juna yang menyadari itu, langsung menyuruh anak buahnya untuk mencari Juna sampai ketemu. Alhasil, Juna jadi kejar-kejaran dengan anak buah Mami. Sementara itu, TERE, penjual es goyang sedang asyik melayani pelanggan ketika tiba-tiba Juna datang dan panik, lalu bersembunyi di balik gerobak es goyang Tere. Tere bingung dong, Juna bilang lagi dikejar penjahat dan butuh pertolongan.

Nah, di FTV ini karakter utamanya adalah JUNA dan TERE. Mereka ketemu karna Juna lagi dikejar anah buah maminya dan ngumpet di belakang gerobak Tere.

Tidak ada adegan tabrakan kan? Jadi, kamu bisa bikin semarik mungkin bagaimana karakter utama bertemu di sinopsis kamu.

4.      KARAKTER UTAMA YANG BERTOLAK BELAKANG

Pastikan karakter utama (mainplot) di sinopsis kamu itu bertolak belakang. Misalnya kaya dan miskin atau profesi yang berbeda.

Contoh :

  • FTV SCTV – CINTA NABRAK TUKANG KETOPRAK

Bercerita tentang KANIA, dokter cantik yang jatuh cinta dengan REYHAN, si tukang ketoprak.

  • FTV SCTV – MY WIFE, ANAK GENG MOTOR

Bercerita tentang GIBRAN, pengacara muda yang terpaksa menikah dengan KAVITA, ratu geng motor yang suka balapan liar.

  • FTV SCTV – 29 CHALLENGES MENANTU TERBAIQ

Bercerita tentang SETO, anak penjual seblak yang jatuh cinta dengan MOZA, anak seorang jendral.

Gimana, setelah baca contoh ftv yang saya tulis itu, udah dapat ide belum mau nulis sinopsis ftv tentang apa?

5.      KARAKTER PENDUKUNG YANG KUAT

Selain karakter utama, ada namanya karakter pendukung (subplot), bisa pacar yang cemburuan, teman tapi sayang, mantan yang ngajak balikan ataupun jodoh yang dipilih oleh orangtua. Karakter pendukung ini memiliki peran penting yang mengganggu karakter utama dan membuat karakter utama tidak bisa bersatu.

Buatlah karakter pendukung yang kuat, bukan kuat fisik ya, tapi perannya di sinopsis yang kamu tulis.

Contoh : FTV SCTV – KAMU STAF SAFE, DON’T FORGET AKKO

"Bercerita tentang ALEXA, anak geng motor dan YUDIS, cowok peternak ayam. Di FTV ini, ada karakter pendukung yang namanya SUCI, teman Yudis dan naksir padanya. Suci selalu mengganggu Alexa dan Yudis sampai Suci sengaja menyewa preman untuk mencelakai Alexa saat balapan."

Nah, peran Suci di sini sangat penting. Yang pertama, Suci selalu mengganggu Alexa dan Yudis. Kedua, Suci membuat Alexa celaka saat balapan. Jika tidak ada peran Suci, maka cerita ftv ini tidak akan menarik.

Jadi, pastikan karakter pendukung yang akan kamu tulis, harus punya peran penting di cerita kamu.

6.      KARAKTER ORANGTUA YANG MEMICU KONFLIK

Selain karakter utama, karakter pendukung, ada namanya karakter orangtua. Ketiga karakter ini tidak boleh dipisahkan. Harus ada di setiap cerita ftv.

Karakter orangtua juga harus berperan penting dalam cerita yang kamu tulis. Karakter orangtua ini harus menimbulkan konflik atau membuat karakter utama tidak bisa bersatu.

Contoh : FTV SCTV – HATIKU LOCKDOWN DIKUAH SOTOMU

"Bercerita tentang ALIKA, anak orang kaya yang jatuh cinta dengan BAIM, penjual soto madura. Alika punya bokap, namanya PAK GUNTUR. Pak Guntur nggak suka Alika pacaran sama Baim sampai mengancam akan mencelakai Baim jika masih berhubungan dengan Alika. Pak Guntur juga menjodohkan Alika dengan anak temannya yang berasal dari keluarga kaya."

Nah, di FTV ini perang orantua bernama Pak Guntur ini sangat penting. Jadi, pastikan setiap karakter yang kamu tulis, baik itu karakter utama, karakter pendukung atau pun karakter orangtua itu memiliki peran penting dalam cerita yang menimbulkan konflik satu sama lain.

7.      HAPPY ENDING

Cerita FTV itu identik dengan happy ending, dimana karakter utama cowok dan karakter utama cewek akhirnya bersatu. Buatlah ending cerita semenarik mungkin yang membuat penonton pada baper. Tapi sebelum ending, selesaikan semua konflik yang ada. Perlu diingat, konflik yang ada itu harus diselesaikan secara bertahap. Jangan ending-nya terkesan tiba-tiba.


Oke, cukup sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Saya menulis ini bukan berarti saya sudah jago dan nggak pernah ditolak ya. Kalau boleh jujur sih, lebih banyak sinopsis saya yang ditolak daripada diterima. Haha. Tapi saya tidak patah semangat lho, saya tetap menulis sinopsis baru, saya tetap belajar menulis sinopsis yang lebih bagus lagi biar dia acc.

Buat kalian, selamat mencoba. Semoga di acc!

Share:

7 komentar:

  1. Salud sama kak raya...
    Semoga aku juga cepet acc hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menulis lewat aplikasi apa ya ka kalo boleh tau🙏😅

      Hapus
  2. Kalo boleh tahu, aku pengin baca contoh ide cerita punya Mbak Raya yang sudah Acc dan tayang.

    BalasHapus
  3. Wahhh habis baca blognya kakak wahh daebak keren sih...
    Kak aku suka nulis cuman aku nggak tau kemana harus dikirim untuk mohon petunjuknya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa baca postingan sebelumnya. Udah diposting cara kirim sinopsos ftv.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

MENU