Aku hanya seorang pengeja kata sendu. Yang sedikit abu-abu. Bukan seseorang yang sedang patah hati, lalu mengadu.

Jumat, 25 November 2016

Ninggalin JEJAK


Blog gue blog baru, gue akuin. Belum ada pengunjung sama sekali, gue akuin. Belum ada yang tahu gue punya blog, gue akuin. Belum ada yang tahu pemilik blognya ternyata kece, gue akuin. Huhuhuu... ngambil tisu, trus ngetik lagi. Okkk... lupakan! Karna itu, gue rajin baca blog-blog tetangga, terus ninggalin jejak dengan berkomentar. Siapa tahu mereka berbaik hati mampir juga ke blog gue. Ya, itupun kalau mereka punya waktu buat baca ocehan-ocehan yang nggak jelas di blog ini.

Blog yang sering gue kunjungi, tentunya blog yang sebelas dua belas sama blog gue. Bukan sebelas dua belas ocehan nggak jelasnya ya! Seperti gue suka posting tentang FTV, gue minat nulis skenario, gue suka cerpen, gue suka Drama Korea, gue suka travelling, gue suka komik, gue juga suka elo.. haaaahhhaaayyyy... Nah, blog-blog kayak gitulah yang gue cari. Tapi kadang, gue berkunjung ke berbagai macam blog kok, entah postingannya kayak gimana, yang jelas bisa menginspirasi.

Tadi tuh gue ngetik ‘Pengen jadi penulis skenariodi google pencarian, muncullah blog-blog yang membahas tentang hal itu. Terus, gue baca-baca dong dan akhirnya ninggalin jejak dengan komentar yang rada nggak jelas, kadang pengen gue edit, pengen gue hapus, tapi ya sudahlah... toh banyak kok komentar-komentar lain yang lebih nggak jelas dari komentar gue.

Menurut gue, ninggalin jejak itu menyenangkan. Ya, walaupun cuma sepatah dua patah kata. Tapi kadang gue berpikir keras sebelum berkomentar. "Apa ya yang harus gue tulis?" Tapi tetap, komentar gue nggak boleh menyinggung pemilik blog, ntar dikiranya nyari ribut, padahal nyari kunjungan balik.

Apa yang gue dapat dari ninggalin jejak? Cerita sedikit... sebelum gue berhasil nulis cerita FTV yang tayang kemarin-kemarin. Gue awalnya nggak tahu-menahu soal FTV, soal PH dan Ide cerita untuk FTV. Karna gue sering mampir dan ninggalin jejak di blog salah satu penulis cerita FTV, terus follow Twitter-nya dan Alhamdulillah di follow balik. Dari situlah, akhirnya gue ngikutin jejak dia nulis cerita FTV. Untuk cerita lengkapnya bakal gue posting dilain waktu. Ternyata nggak sia-sia kan berkunjung ke blog tetangga, baca-baca postingan mereka, ninggalin komentar?

Sekalian gue pengen berteman dengan sesama blogger, gue juga pengen tahu ada cerita apa sih diluar sana? Apa sih yang menarik dari kehidupan makhluk lain yang bernama manusia, selain gue? Ciielah, bahasa gue! Kan biasa tuh, kayak blogger personal yang suka berbagi cerita kehidupan mereka. Tapi jangan salah, ada kok blogger yang akhirnya jadi tenar, sebut saja Raditya Dika. Siapa sih yang nggak kenal Raditya Dika? Terus, Kevin Anggara?

Kalau Kevin Anggara, jujur gue baru tahu waktu nggak sengaja baca-baca blog tetangga tentang komunitas blogger. Kevin Anggara tuh blogger personal yang udah nerbitin buku, trus main film dan bahkan dapat 2 Awards sekaligus. Bayangkan, coba! Dari seorang, cuma seorang blogger personal bisa tenar kayak gitu. Gue yakin, banyak yang pengen ngikutin jejak mereka. Gue juga udah mampir di blog kak Kevin. Gue lihat... dia mulai jarang posting, mungkin sibuk kali ya. Tapi yang komentar di postingannya banyak banget, rame pokoknya deh blog kak Kevin dan gue juga ikutan berkomentar. Tau ah, jelas apa enggak komentar gue.

Kok bisa kayak gitu, bisa tenar? Bisa banyak komentarnya? Bisa rame blognya? Tebak?! Atau tanya mereka langsung! Kata gue sih, itu karna mereka rajin posting, rajin juga mungkin ninggalin jejak di blog tetangga dan ramah juga dengan para pembaca. Diluar itu, meneketehee...

Ada juga lho gue ketemu blog yang sama sekali nggak ngebalas comment pembaca, padahal tuh comment-nya udah bejibun, tapi satu pun nggak dibalas-balas. Tau ah, pemilik blog itu masih hidup apa enggak. Uppssss... sorry, bukan maksud nyumpahin! Mungkin, pemilik blognya sibuk kali ya, jadi nggak punya waktu buat baca comment dan ngebalas comment.

Bagi gue sendiri, kalau nggak ada satu pun comment di postingan gue, itu yang gawat! Itu artinya kan postingan gue nggak menarik untuk dibaca, jadi apa yang mau dikomentarin. Atau lebih gawatnya lagi kalau blog gue nggak ada pengunjungnya sama sekali, otomatis postingan gue nggak tersentuh pembaca. Huhuhuu... ngambil tisu lagi, eh tisunya malah habis. Huhuhuu... Lupakan!

Sekian dari gue dan terimakasih... Itulah ocehan-ocehan nggak jelas dari Makhluk Nyeleneh kali ini. Lain waktu, kita sambung lagi.
Share:

42 komentar:

  1. aku udah ngeblog selama 2 tahun, dan udah jadi anggota dari banyak komunitas blogger baik itu khusus perempuan, khusus blog personal, beauty blogger dan Blogger Energy juga pastinya.

    Lucunya, aku nemuin karakter berbeda2 di setiap komunitas itu. Di komunitas A, mereka anaknya sombong2, pelit blogwalking, apalagi followback. Malah pernah ada blogger yg memperingatkan pengunjungnya bahwa "ini blog gue, lo gak punya hak buat nyuruh2 gue (buat bw balik/followback)", terus aku jadi kayak ilfeel gitu liatnya hahaa, yaudasi hak blogger itu juga mau kayak apeu kwkw. Tapi kok galak amat sih ya.. ngeri gw jadinya malas bw gitu -,-

    Terus ada juga blogger yang emang rame komentarnya, tapi gak pernah diladenin. Hm, gatau juga alasannya apa. Terus ada lagi komunitas yang isinya anak2 blog yg komersil, jadi kalo ada job offer tapi gak dibayar, mereka tolak mentah2 :))))))

    ada juga komunitas yang adeeemm banget, bahkan ga diminta pun anak2nya pada sopan2 ngomentarin tiap postingan baru kita, bahkan ngajak buat saling follow.

    salam
    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh... kak Fuji udah gabung dibanyak komunitas ya, hebat!!
      Aku sih cuma baru BE..
      Pengen kenalan tuh sama komunitas yang adem banget, boleh tahu komunitasnya apa, kakak.??

      Hapus
    2. Blogger terkenal pelitnya, dan terkenal amuknya.
      Dikit-dikit anti copas dikit-dikit ngomel karena artikel atau photonya dipakai orang.
      Ah tidak semuanya seh. ada blogger yang baik, mau follow dulu tanpa harapan difollow balik.

      Hapus
    3. Iya, ng semuanya kayak gitu..

      Mari jadi blogger yang baik, follow n folback, trus BW.. :)

      Hapus
  2. Sebenarnya kayak Kevin itu gak instan, ada perjuangan sampai dia jadi tenar dan banyak pengunjung
    tetep semangat dan menebarkan kebaikan serta menginspirasi lewat blog, masalah mau bewe atau gak itu hak si punya blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setiap perjuangan itu pasti membuahkan hasil kayak kak Kevin..
      Yupz... masalah bewe itu hak si punya blog, aku setuju. Tapi lebih menyenangkan sih mampir ke blog tetangga, sekedar lihat template mereka yang keren-keren. Hahahaa.. :D

      Hapus
    2. setuju dengan Mei, dan dia adalah sababatku.

      Hapus
    3. Wahhh... bagus tuh sahabatan sama sesama blogger, siapa tahu bisa ngikutin jejak blogger yg terkenal duluan.. :)

      Hapus
  3. Ninggalin jejak (komentar di blog lain) itu juga sangat bagus buat ningkatin pengunjung blog kita mbk.

    Entah dibales si pemilik blog atau gak, jangan khawatir nanti pasti ada juga kok orang yang komentar di blog yang sama akan mengunjungi blogmu.

    Aku ngeblog baru aja hampir 3 bulan, aku tetep semangat, ikut gabung ke komunitas blogger personal buat mengasah kemampuanku.

    Yang penting konsisten dan tetap semangat mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Entah dibales atau nggak, yg penting udah komentar..
      Konsisten dong ngeblog-nya! Walaupun nggak terlalu terkenal di dunia nyata, yg penting bisa eksis di dunia blogger. :)

      Hapus
  4. Aku udah punya blog beberapa tahun lalu tapi baru bener bener ngeblog ya bulan bulan kemarin haha.

    Tapi yang namanya ngeblog emang harus dikembalikan ke niat sih ..
    Apa niatnya mau punya banyak pengunjung, atau emang mau nebar kebaikan atau apa gitu kek ..

    Tapi intinya sih ngeblog itu harus berlandaskan suka, kalo udah suka pasti bakal konsisten ngeblog, terus pengunjung akan dengan sendirinya berdatangan..

    Disampung itu sistem BW bisa sangat membantu ;).

    Komen gue ga jelas ya ? Okedeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku niat banget ngeblog.. kalau nggak, nggak mungkin rajin buat postingan, rajin BW..
      Sistem BW emang sangat membantu, aku baru ngerasainnya sekarang. Dulu-dulu blogku sepi karna jarang ninggalin komentar di blog yang aku kunjungi..
      Jela kok coment kakak, jelas banget malah. Hahahaa... :)

      Hapus
    2. Itu juga sahabat baikku.
      Niat ngeblog harus demi materi, kalau niatnya ibadah dijamin loyo ditengah jalan. Putus asa, ibadah tanpa dapat imbalan lama-lama lemes juga. Masak iya berkorban terus tanpa dapat imbalan baik.
      Tapi ngeblog harus siap merugi dulu....keluar modal dulu baru nanti job-job berdatangan.

      Hapus
    3. Wahhh... aku setuju kalau ada yg niat ngeblog demi materi, tapi kalau aku sendiri masih bingung gimana bisa kesitu, gimana bisa menghasilkan materi dari blog, maklum masih pemula..

      Ngomongin soal rugi, mungkin rugi waktu kali ya ama kuota.. :)

      Hapus
  5. ninggalin jejak itu bermanfaat kok, bener deh. selain bisa belajar berkomentar yang baik, hal itu juga terkadang bisa meningkatkan trafik blog sendiri. tentu dengan cara yang benar ya hehehe

    BalasHapus
  6. Wah ternyata yg punya blog ini kece, baru tahu nih.. 😁
    Memang pnting berkunjung dan mmberikn komntar, kita jd tahu cerita org juga..

    Aku sndri usahakn bakas satu persatu, jika lama blsnya.. Ada dua kmungkinan, sibuk dan tak ada koneksi.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa... :D
      Iya, saling silahturahmi sesama blogger..

      Wah... sama dong.. Yeee... kita blogger yang baik.. hahahaa.. :D

      Hapus
    2. Yeyeee... blogger yang baik dan sedang menjadikan lebih baik lagi :)

      Hapus
    3. Yuupzz... semangat nulis postingan baru.. biar blognya makin rame.. makin kece.. :D

      Hapus
  7. wkwk, yang punya blog kece? masih kecean aku wkwk #bercandadoang

    Emang biar blog dikenal itu sering" bw, ninggalin jejak (komentar), tapi ya jangan ninggalin jejak yang aneh" seperti yang dilakuin kucing ama anjing tetanggaku.

    Selain itu, sering bikin artikel baru sama jangan lupa di submit ke google search console aja biar cepet terindex

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kece dong kita. Hahahaaa... :D Kamu rajanya kece, aku ratunya kece... Yuhuuuuu... hahahaaa... :D

      Iya, artikel baru harus terus ada dong, setidaknya satu artikel setiap minggu. :)

      Hapus
  8. Hehehe. Dulu blog saya juga sepi banget. Tapi ya ternyata cara yang ampuh itu sering blogwalking. Selain bisa bikin semangat, bisa bikin blog berkembang bareng.

    Dan yang terpenting, konsisten. Hhehehe.

    BalasHapus
  9. malah saya dulu pernah punya dua blog tapi sudah saya hapus hhahaha, ya karena itu ngebiarin orang komentar di blog terus jarang ninggalin jejak dan ternyata saya sadar itu kurang baik sebagai blogger sekarang sih insyallah saya sudah tobat apalagi baca artikel ini sangat mencerahkan para blogger comeback seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terimakasih.. Semoga artikel ini bermamfaat buat para blogger.. :)

      Hapus
  10. Salah satu hal yang bikin aku menemukan inspirasi tulisan itu ya ... dari blogwalking alias jalan jalan mengunjungi blog blog lain. Dan yup, bisa dapat kesempatan super sebentar buat ninggalin komen itu, menyenangkan.

    Sayangnya dengan makin padatnya jadwal kerjaan yang aku punya, aku juga makin jarang blogwalking nih. Jujur aja. Tapi sebisa mungkin aku selalu berusaha untuk melakukannya, termasuk membalas komen apa saja yang mampir ke blog aku.

    Semoga kita makin semangat ngeblog ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga kayak gitu. Setiap coment pasti aku balas. Bukan cuma balas coment, aku juga mampir ke blog mereka, trus coment juga.

      Amin. Ngeblog harus semangat terus dong! :)

      Hapus
  11. kevin termasuk salah satu temen ngeblog gue dulu jadi lumayan agak tau gimana perjalanannya sampe jadi kayak sekarang,

    anyway ini gue mampir hasil dari lo ninggalin jejak di blog gue, tuh berhasil kan caranya haha. Nyawanya blog kalo gue pribadi sih di blogwalking + komen. tentunya komen yang nyambung sama isi postingannya biar yang punya blog gak kecewa aja blognya dikomen seadanya, apalagi komen yang gak nyambung :')

    salam kenal, ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temannya kak Kevin, keren!
      Sama-sama udah nerbitin buku lagi.

      Wahhh... terimakasih udah mampir kakak.. :)

      Hahahaa... coment emang harus nyambung ama isi postingan biar kesannya tuh ng rada dipaksa buat coment.

      Hapus
  12. Memang ninggalin jejak di blog orang itu bisa buat yang nulis itu makin semangat ya nulis hehe. Beuh tentunya orang mau banget kayak kevin anggara. Yang bisa terbitin buku di penerbit ternama , dapat penghargaan dan main film hehe.

    Selain kevin, Gue juga Arief Muhammad a.k.a poconggg. Tulisannya gokil banget dan banyak dari tulisannya jadi inspirasi gue hehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.. :)
      Arief Muhammad, oh ya aku juga pernah dengar.. Sama kayak kak Raditya Dika, tulisannya ngocol.

      Hapus
  13. Pertama kali ngeblog aku juga ngerasain hal yang sama, engga pede sama tulisan, tiap mampi ke blog blogger lain, cuma suka baca-baca tanpa ninggalin jejak tapi lama-kelamaan perasaan kayak gitu hilang sendiri apalagi saat aku tahu, blog aku ada yang baca bahkan berkomentar disana. Semangat ngeblog langsung menggebu-gebu, jadi semangat blogwalking dan lain sebagainya. Keep blogging yak. Heheh.

    Btw, Pertama kali mampir kesini nih, salam kenal \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terimakasih sudah mampir kakak.. :)

      Salam kenal juga.. :)

      Hapus
  14. Kekurangan dari blogger yang sudah tenar, lalu lupa menulis diblognya lagi. Ibarat pepatah kulit lupa kacangnya.
    Aku sendiri, kadang tidak sempat balas komentar yang masuk, maklum lagi kejar tayang.
    Yang penting, menulis dan menulis, sambil menunggu iklan yang antri ingin ditampilkan. Lumayan ngeblog sekaligus dapat duit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mungkin aja karna mereka sibuk, kan udah tenar tuh.. Hahahaa... :D

      Aku sih, alhamdulillah selalu balas komentar yg masuk, setidaknya aku menghargai siapapun dan apapun komentarnya..

      Iya, menulis harus tetap dinomorsatukan, biar postingan blog makin banyak..

      Soal iklan, sayang blogku masih baru, belum ada iklan apapun, jadi belum bisa menghasilkan duit..

      Keren tuh blog kakak bisa menghasilkan duit. Semangat terus ngeblognya.. :)

      Hapus
  15. gue juga baru mulai blogging banget, dan dari kemaren masih berusaha ninggalin jejak dimana-mana berharap ada yang berkunjung balik. semangat buat kita! :)

    BalasHapus
  16. Sedikit cerita, blogger-blogger yg sekarang terkenal itu adalah orang-orang yg memulai ngeblog bukan dengan tujuan untuk ingin jadi terkenal. Dulu tahun 2003, gua dan Raditya Dika sama-sama baru mulai ngeblog dan gua adalah salah satu pembaca yg sering mampir ke blognya sebelum dia jadi terkenal. Dan dia nulis hanya karena dia suka, dia ingin curhat, dia ingin berkarya, ingin menghibur. Orang-orang seperti Kevin dan Radith adalah orang-orang yg punya passion di bidang ini, dan karena itulah mereka bisa sukses.

    Gua kenal banyak orang yg ngeblog hanya karena ingin tenar, dan hasilnya? Gak ada satupun tuh yg hari ini udah jadi tenar. Kenapa? Karena mereka ngeblog hanya karena ingin tenar, bukan karena punya passion, jadi karya mereka juga kagak bagus-bagus amat. Kelihatan lho dari tulisannya, apakah orang ini menulis karena cinta menulis, atau menulis hanya karena ingin dipuji dan disukai.

    Jadi saran gua buat lu, menulislah karena lu ingin menulis. Dan tulislah apa yg ada di hati lu yg sesungguhnya, jangan menulis hanya dengan tujuan menyenangkan pembaca. Jadi tenar atau tidak, itu tergantung hoki setiap orang. Tapi kalopun lu gak jadi tenar, lu akan tetap mendapatkan sesuatu dari ketekunan lu menulis.

    Gua udah ngeblog bertahun-tahun, sampe hari ini gua sama sekali gak niat pengen jadi tenar. Tapi tulisan gua sekarang bisa dibaca oleh ratusan orang, dan banyak yg ngirim pesan ke gua bahwa tulisan gua bisa memotivasi atau menginspirasi mereka. Dan itu udah cukup. Gua udah puas =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, kak!

      Ngeblog emang jangan semata-mata pengen tenar, tapi lebih karena suka dan ingin berbagi ke para pembaca..

      Aku sendiri emang udah lama ngeblog, tapi baru sekarang rajin posting, dulunya mah cuma ikutan doang punya blog, padahal postingannya ng jelas.. :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

MENU